Pusat Ilmu Secara Detil

Cara Kompres Dokumen PDF dan Menggabungkan file PDF

Cara Kompres Dokumen PDF dan Menggabungkan file PDF


Bagi anda-anda yang akan mendaftar suatu tes ujian masuk atau ingin melamar suatu pekerjaan, pastinya ada persyaratan harus mengupload sejumlah dokumen-dokumen dalam bentuk PDF.

Namun ketika anda menguploadnya akan memakan waktu yang cukup lama, bahkan sering juga proses upload menjadi gagal.

Proses gagalnya upload file-file PDF tersebut ada beberapa sebab, dapat disebabkan karena ukuran file yang terlalu besar. Bisa juga karena koneksi internet anda lambat (sedangkan filenya berukuran besar) atau proses antrian disisi server sedang padat-padatnya.

Nah agar proses upload menjadi lancar, pastikan ukuran file pdf sudah dioptimasi sekecil mungkin.

Cara Memperkecil Ukuran File PDF

Untuk memperkecil ukuran file PDF, kita dapat menggunakan cara:
  • Via Aplikasi Online
    Metode ini tentunya anda harus selalu terhubung ke internet. Anda tidak perlu mengdownlad atau menginstall suatu aplikasi, cukup persiapkan dokumen-dokumen file PDF.
  • Via Aplikasi Offline
    Pada metode ini, kita hanya membutuhkan koneksi internet untuk mengdownload aplikasinya. Aplikasi yang didownload harus diinstall baru dilanjutkan dengan proses pengolahan (memperkecil ukuran file PDF) secara offline.


Via Aplikasi Online

Misalnya saya akan memperkecil file PDF yang bernama p01.pdf yang ukuran file awalnya adalah 192 KB seperti yang ditunjukkan oleh Gambar dibawah ini :


Untuk memperkecil file PDF secara online, anda dapat mencoba aplikasi yang tersedia pada ilovepdf. Ikuti intruksi-intruksi dibawah ini:
  • Klik tombol PDF File, sehingga akan muncul sebuah window.Pada windows tersebut pilih dimana lokasi file PDF anda berada.
    Dalam contoh ini, file p01.pdf berada di drive D:\Blogger ilmu-detil\academia.edu\Array_PHP_ilovepdf_split_all
  • Kemudian tekan tombol "Compress PDF" pada bagian bawah. Begitu proses compress selesai, maka secara otomatis akan terdownload (tersimpan di folder Download pada drive C).
File pdf yang awalnya bernama p01.pdf berubah menjadi p01-ilovepdf-compressed.pdf. Berikut ini ukuran filenya (awalnya 192 kb menjadi 43 KB) :



Via Aplikasi Offline

Aplikasi yang akan kita gunakakan adalah ORPALIS PDF REDUCER Free yang dapat kita download.

Ikuti intruksi-intruksi dibawah ini :
  • Klik link ORPALIS PDF REDUCER Free untuk mendownloadnya terlebih dahulu. Untuk mendownload versi trial, maka harus mengisi data-data seperti contoh berikut :


  • Setelah berhasil download dan menginstall di PC anda, buka aplikasi tersebut lalu tekan OK. Kemudian pilih lokasi file PDF(source) yang akan diperkecil. Selanjutnya anda dapat menentukan dimana file disimpan (destination). Jika sudah diatur, maka klik "Start batch" untuk memulai proses pengecilan ukuran filenya.



Cara Menggabung file PDF menjadi satu

Terkadang anda harus mengupload beberapa file PDF yang pada dasarnya terdiri dari beberapa buah file yang harus disatukan.

Untuk menggabungkankan beberapa buah file PDF menjadi satu file saja, maka terdapat dua cara :
  • Via Aplikasi Online
    Anda harus selalu terhubung ke internet selama proses penggabungan. Tidak perlu mengdownlad dan menginstall suatu aplikasi.
  • Via Aplikasi Offline
    Kita hanya perlu terhubung ke internet untuk mengdownload aplikasinya saja.

Via Aplikasi Online

Kita masih menggunakan layanan yang disediakan oleh ilovepdf. Layanan yang kita gunakan adalah "Merge PDF" yang berfungsi untuk menggabungkan file PDF.

Ikuti intruksi-intruksi berikut untuk menggabungkan beberapa file PDF.
  • Klik tombol tombol "Select PDF File". Kemudian arahkan dimana lokasi file PDF anda. Lakukan berulang-ulang sampai semua file PDF yang ingin digabung telah terpenuhi.



  • Kemudian tekan tombol "Merge PDF" pada bagian bawah. Begitu proses penggabungan selesai, maka secara otomatis akan terdownload dan disimpan di drive C di folder Downloads.


Via Aplikasi Offline

Anda dapat mencoba aplikasi Simple PDF Merger untuk menggabungkan file PDF anda. Ikuti intrukstri-instruksi dibawah ini :
  • Download aplikasi Simple PDF Merger.
  • Setelah anda install, lalu buka aplikasi tersebut. Kita dapat memilih berdasarkan file ataupun directory.
  • Lalu tentukan tempat hasil penggabungan filenya pada bagian "Ouput" yang disertai dengan nama file gabungannya.

  • Tekan tombol "Start Merge" untuk mulai menggabungkan file PDF. Silahkan buka file tersebut pada lokasi output yang telah anda tentukan sebelumnya.

Share this:

You Might Also Like:

Disqus Comments