Pusat Ilmu Secara Detil

Cara Setting Path Java dan Install Netbeans

Cara Setting Path Java dan Install Netbeans

Tutorial pemrograman bahasa java kali ini akan membahasa cara mengcreate program java. Untuk mengcreate program java, kita dapat menggunakan IDE seperti Netbeans, BlueJ, JCreator atau tanpa IDE tersebut, cukup dengan Notepad.

Seperti yang dijelaskan pada tutorial sebelumnya, bahwa bila kita ingin membangun program java maka yang kita butuhkan adalah JDK (Java Development Kit). Sedangkan IDE tersebut hanya tool yang mempercepat pekerjaan kita saja, seperti autocompletion, pembuatan comment untuk beberapa baris dengan cukup tekan shorcut tertentu.

Jadi ketika sebuah IDE seperti Netbeans dapat mengcompile sebuah program java (.java), hal ini dilakukan oleh JDK yang telah dipanggil oleh Netbeans.

Install JDK

Proses installasi JDK di windows tidaklah sulit, pastikan anda telah mengmengdownload JDK . Kemudian tinggal klik next-next saja, biarkan hasil installasi JDK akan di create pada C:\Program Files.Ingat dalam JDK juga terdapat JRE yang memungkinkan kita mengjalankan file berekstensi .class yang dapat dieksekusi.

Setting Path Java

Seperti penjelasan diatas, tanpa IDE kita juga dapat membuat program java. Disini kita akan membuat program dengan notepad.
  1. Untuk itu buatlah folder di sembarang drive, misal di D:\ diberinama MyFirstProject.
  2. Dalam folder MyFirstProject, buat dua folder : scr dan bin
  3. Dalam folder scr, buat program berikut :
    public class HelloWorld {
        public static void main(String[] args) {
            System.out.println("Hello World!");
        }
    }
  4. Masuk ke cmd, pastikan java sudah diinstall dengan mengetikkan java -version....biasanya berhasil bila sudah diinstall (seperti yang ditunjukkan oleh Gambar dibawah ini).


    Kemudian di cmd, ketik javac -version .Jika seandainya javac is not recognizeable, maka diperlukan pengaturan disisi enviroment variable. dengan klik kanan MyComputer-Proprties, BUAT JAVA_HOME pada bagian user variable, isi dengan C:\Program Files\Java\jdk1.8.0_31 (sesuaikan dengan versi jdk yang terinstall di komputer anda)


    Kita juga dapat menambahkan langsung lokasi JDK pada Path yang sudah ada tanpa membuat nama baru yaitu : JAVA_HOME. Langkah berikutnya adalah menambah %JAVA_HOME%\bin dibagian Path yang sudah ada.
  5. Kompile program : D:\MyFirstProgram\javac scr\Hellojava.java -d bin
  6. Jalankan D:\MyFirstProgram\java -cp bin Hellojava,,,sehingga akan keluar outputnya
Dengan demikian kita sudah dapat membuat program java dengan menggunakan notepad. Namun pembuatan aplikasi tanpa menggunakan IDE akan memperlambat pekerjaan kita. Oleh karena itu diperlukan sebuah IDE, disini kita menggunakan Netbeans.

Install Netbeans

Jika kita sudah pernah menginstall Java Development Kit (JDK) pada komputer, maka download Netbeans saja. Pada halaman download netbeans akan nampak gambar seperti dibawah ini :


Download yang bagian Java SE, karena kita akan mengdevelop aplikasi yang berjalan di dekstop. Jika sebelumnya tidak terinstall JDK, kita dapat menggunakan paket Netbeans yang dibunddle dengan JDK yang biasanya disebut dengan JDK with NetBeans IDE Java SE bundle.

Membuat program di netbeans

  1. Jalankan aplikasi Netbeans. Kemudian klik File-New Project, lalu pilih categories Java dan pilih juga Java Aplication.


  2. Setelah kita menekan Next, maka langkah selanjutnya kita akan disuruh menentukan lokasi folder penyimpanan project yang akan kita buat.


    Jika kita menginginkan lokasi project default seperti gambar diatas, maka dapat diabaikan (tidak perlu dilakukan perubahan).
  3. Secara otomatis akan terbentuk source code yang terdidiri dari nama class dan method main-nya. Tambahkan System.out.println("Pusat Ilmu"); dalam method main


    Seperti yang tampak pada gambar diatas, hasil kompilasi ditunjukkan pada bagian bawah. Sebelah kiri menunjukkan nama classnya.

Share this:

You Might Also Like:

Disqus Comments