Pusat Ilmu Secara Detil

CMDER Sebagai Terminal Linux Pada Windows

CMDER Sebagai Terminal Linux Pada Windows


Bagi anda yang terbiasa menggunakan sistem operasi Linux dan ingin merasakan terminal Linux pada sistem operasi Windows, anda dapat mencoba menggunakan Cmder.

Pada windows sendiri, terdapat terminal command prompt. Namun tentunya aturan penggunaannya berbeda dengan terminal linux. Misalnya command "uname-a" tidak akan dikenali pada command prompt. Akan tetapi jika kita menggunakan cmder, maka command tersebut akan berfungsi layaknya seperti di Linux. Dan yang menjadi keunggulannya lagi, cmder juga dapat menampung command dari cmd (command prompt) windows. Jadi bisa dikatakan, terminal cmder memiliki dua fungsi, bisa sebabagi command prompt dan juga terminal linux.

Download cmder untuk OS Windows

Terdapat dua versi untuk mengdownload cmder :

Setelah anda mendownload :
  1. Ekstrak file zip yang baru didownload
  2. (Opsional) tempatkan file executablenya dalam folder bin, kemudian set PATH.
  3. Jalankan file executablenya

Fitur-fitur dari Cmder

Berikut ini kita memberikan beberapa contoh penggunaan command yang sering digunakan di terminal Linux dapat juga digunakan pada Cmder.

Fungsi uname

Fungsi ini sering kita gunakan pada terminal linux untuk mengetahui informasi sistem komputer, seperti berapa bit sistem yang digunakan, versi kernel dari sistem operasi yang kita gunakan dll.



Fungsi pwd

Pada linux, fungsi ini menunjukkan di direktori mana posisi kita berada sekarang.



Fungsi hostname

Command ini menunjukan nama dari komputer kita :



Anda dapat mencoba semua perintah pada Terminal Linux untuk dicoba pada Cmder ini. Jadi bisa dikatakan, Cmder ini menawarkan fungsionalitas seperti terminal Linux.

Yang uniknya, walaupun Cmder ini mengsupport hampir semua command Linux. Namun Cmder tetap dapat berfungsi sebagai command prompt juga, seperti kita dapat mengetikkan command dir (untuk windows) dan dapat juga memproses command ls (linux).

Menggunakan package manager Chocolately

Chocolately adalah package manager untuk menginstall sebuah installer yang berbasis CLI (Common Line Interface) yang diperuntukkan bagi Windows. Jika pada Ubuntu anda sering menginstall sebuah installer dengan command :
apt-get install nama_software

Maka, pada Windows command tersebut sama halnya dari package manager dengan menggetikkan command seperti berikut :
choco install nama_software

Untuk menggunakan package manager Chocolately, maka download terlebih dahulu dengan menambahkan command berikut pada Cmder :
@powershell -NoProfile -ExecutionPolicy Bypass -Command "iex ((New-Object System.Net.WebClient).DownloadString('https://chocolatey.org/install.ps1'))" && SET "PATH=%PATH%;%ALLUSERSPROFILE%\chocolatey\bin"

Sehingga anda akan melihat pada Cmder akan tampak seperti yang ditunjukkan oleh Gambar dibawah ini :



Setelah selesai, maka kita dapat menginstall installer melalui package manager Chocolately, misalnya menginstall software Winrar. Kita ketikkan command berikut:
choco install winrar

Proses penginstallannya ditunjukkan oleh Gambar dibawah ini :



Untuk melihat software-software apa aja yang disediakan oleh package manager Chocolately, kita dapat melihatnya pada Chocolately Packages

Share this:

You Might Also Like:

Disqus Comments