Pusat Ilmu Secara Detil

Tutorial PHP Mengenai Pernyataan Seleksi

Tutorial PHP Mengenai Pernyataan Seleksi

Tutorial pemrograman PHP kali ini akan membahas tentang pernyataan seleksi atau yang biasa kita kenal dengan istilah Conditional Statement (Pernyataan bersyarat). Pernyataan bersyarat merupakan sebuah topik penting dalam sebuah bahasa pemrograman termasuk juga dalam pemrograman PHP.

Pernyataan bersyarat ini dapat digunakan untuk mengambil berbagai keputusan, katakanlah jika kita ingin mengakses sebuah aplikasi apabila username dan password sesuai, maka pengguna akan mendapatkan akses ke aplikasi tersebut namun apabila tidak sesuai maka akan ditolak untuk mengkases sebuah aplikasi. Jadi, Pernyataan Bersyarat sebagian besar bergantung pada Perbandingan atau Relational Operator.

(PHP Conditional Statement)

Dalam kasus sederhana, seperti yang ditunjukkan oleh flowchart diatas, sebuah kondisi memiliki nilai Boolean. Nilai Boolean merupakan nilai yang memiliki dua kemungkinan 0 (False) dan 1 (True).

Dalam implementasinya, penggunaan seleksi atau pernyataan bersyarat ini sangat sering kita gunakan. Untuk itu diperlukan pemahaman yang baik mengenai seleksi, agar nantinya ketika diimplementasikan dalam sebuah kasus, kita tahu menggunakan jenis atau model seleksi yang tepat.

Pernyataan bersayarat dalam tpemrograman PHP dibagi menjadi lima kategori, yaitu :

Share this:

You Might Also Like:

Disqus Comments