Pusat Ilmu Secara Detil

Memahami fungsi continue pada perulangan PHP

Memahami fungsi continue pada perulangan PHP


Dalam tutorial dasar-dasar pemrograman PHP kali ini, kita akan membahas tentang fungsi dan penggunaaan keyword continue dalam sebuah perulangan. Seperti yang kita ketahui, disamping keyword break yang sering kita temukan dalam looping, instruksi atau keyword continue juga banyak dalam membuat sebuah program perulangan.

Penggunaan keyword continue berfungsi untuk menghentikan sebuah perulangan, namun hanya menghentikan perulangan untuk satu kali interasi/putaran dalam rangkaian loop. Hal ini berbeda dengan penggunaan keyword break yang benar-benar menghentikan perulangan secara total.


Contoh.1

Pada contoh.1 kita akan mencetak angka 1 sampai dengan 6 dengan loop for. Namun pada saat perulangan angka 3, maka program akan mengskip angka tersebut dan melanjutkan perulangan sampai selesai. Sehingga dengan sendirinya angka 3 tidak ikut dicetak.
<?php
for ($i=1; $i<=6; $i=$i+1)
{
 if($i==3)
 {
  continue;
 }
  echo "angka $i<br />";
}
echo "Perulangan selesai";
?>
Output :
angka 1
angka 2
angka 4
angka 5
angka 6
Perulangan selesai

Contoh.2

Pada contoh.2 ini kita akan menunjukkan menghentikan satu kali iterasi looping pada sebuah variabel array.
<?php
$nilai = array(50, 110, 130, 71, 203);
$panjang = count($nilai);

for ($i=0; $i<$panjang; $i++)
{
 if ($i == 3)
 {
  continue;
 }
 echo 'nilai index ke- '.($i).' Score: '.$nilai[$i].'<br />';
}
?>
Outputnya :
nilai index ke- 0 Score: 50
nilai index ke- 1 Score: 110
nilai index ke- 2 Score: 130
nilai index ke- 4 Score: 203
Variabel array $nilai akan dihitung berapa panjang arraynya. Proses menghitung panjang array dapat dilakukan dengan menggunakan keyword count. Untuk mengakses nilai-nilai yang ada dalam array, kita harus menggunakan indeks. 

Karena indeks dalam array selalu dimulai dengan 0, maka pada looping kita mulai dari nilai 0. Ketika pada proses looping index ke-3 (artinya elemen ke-4), terdapat perintah continue yang berfungsi untuk mengskip pengkasesan nilai array index ke-3 dan melanjutkan proses perulangan berikutnya. Sehingga dengan demikian nilai pada index ke-3 tidak ikut dicetak



Tutorial perulangan lainnya :

Share this:

You Might Also Like:

Disqus Comments