Pusat Ilmu Secara Detil

Menghapus histori data referral spam dari google analytics

Menghapus histori data referral spam dari google analytics

Pada tutorial sebelumnya kita telah membahas. "Bagaimana caranya mengfilter referral spam copyrightclaims.org". Yang artinya kita hanya mengblok lalu lintas trafik dari referral spam tersebut pada website kita. Namun data pada google analytics masih memperhitungkan trafik dari referral tersebut. Hal ini tentunya mesti kita hindari, mengingat pentingnya informasi data dari google analytics yang berkaitan dengan website kita. 

Coba perhatikan google analytics anda, misalkan banyak user dan pageviews. Benarkah total users dan pageviews yang disajikan tersebut sudah valid ?.  Berikut ini adalah contoh dari data Audience pada google analytics seperti yang ditunjukkan oleh Gambar.1 :


Gambar.1
Dari informasi google analytics pada Gambar.1 pada segment "All Session", perhatikan nilai dari sessions, users dan pageviews. Data tersebut menunjukkan informasi yang mengunjungi web kita. 

Kemudian klik Audience, pilih Technology -> Network. Pada bagian Primary Dimension, pilih hostname. Kemudian pada bagian tombol dropdown Secondary Dimension, pilih Acquisition->Source seperti yang ditunjukkan oleh Gambar.2 dibawah ini :


Gambar.3

Sehingga kita akan melihat hostname yang mengunjungi website kita seperti yang ditunjukkan oleh Gambar.4 dibawah ini :


Gambar.4

Seperti yang ditunjukkan oleh Gambar.4, pada bagian hostname urutan no.3 adalah referral spam. Referral spam ini seolah-olah pernah mengunjungin website kita dan referral spam ini hanya menyerang google analytics. Untuk penjelasan lebih lanjut tentang refferal spam copyrightclaims.org, silahkan baca tutorial sebelumnya :Bagaimana caranya mengfilter referral spam copyrightclaims.org.

Jadi bisa dikatakan, informasi yang disajikan pada Gambar.1 kurang akurat, karena mengikutkan terbacanya data dari referral spam copyrightclaims.org. Lalu bagaimana caranya agar tidak ikut terbacanya referral spam tersebut.


Cara menghapus histori referral spam dari google analytics

Agar informasi referral spam tidak ikut diperhitungkan, sehingga data yang disajikan lebih akurat, ikuti langkah-langkah berikut :

  • Pilih Acquisition, pada All Traffic pilih Referrals. Kemudian klik All Session, sehingga akan muncul tombol New Segment, lalu klik tombol New Segment tersebut seperti yang ditunjukkan oleh Gambar.5 dibawah ini :
Gambar 5
  • Kemudian isikan pada textfield Segmen Name dengan nama : 0. Clean Segment. Lalu pilih menu Conditions. Lalu pada dropdown Include, rubah menjadi Exclude. Selanjutnya pilih dropdown "Medium", "exactly matches" dan ketikkan referral pada  textfield yang kosong. Setelah itu klik tombol AND. Kemudian pilih dropdown "Source", "matches regex" dan isikan pada textfield kosong dengan : copyrightclaims.org seperti yang ditunjukkan oleh Gambar.6 dibawah ini :
Gambar.6
Jika ingin meningput referral spam lainnya, tinggal tambahkan tanda | . Misalkan kita ingin memasukkan referral spam : copyrightclaims.org dan lsexy.xyz. Maka cara penulisannya menjadi (seperti yang ditunjukkan pada poin 9) :
copyrightclaims.org|lsexy.xyz  

Setelah anda save, coba lihat pada menu Audience-Overview, maka datanya akan berubah seperti yang ditunjukkan oleh Gambar.7 :
Gambar.7

Coba anda perhatikan dan bandingkan antara informasi yang disajikan pada Gambar.1 dengan Gambar.7. Informasi pada Gambar.7 lebih akurat karena tidak mengperhitunggkan referral spam. 

Share this:

You Might Also Like:

Disqus Comments