Pusat Ilmu Secara Detil

Cara Mengatasi Referral Spam claim55229247.copyrightclaims.org

Cara Mengatasi Referral Spam claim55229247.copyrightclaims.org

Kebanyakan dari kita menggunakan google analytics untuk melihat laporan perkembangan dari webiste kita, seperti : berapa banyak visitor, pageviews, session dsb. Data dari google analytics menjadi acuan kita dalam menyusun strategi untuk mendongkrak trafik web. Apalagi bagi yang bergelut di dunia e-commerce dan pelaku google adsense, data dari google analytics menjadilah sangat penting dalam melihat laporan perkembangan harian dari website kita.

Namun berhati-hatilah, kadangkala informasi yang disajikan tidak akurat karena data pada google analytics kita sudah dipengaruhi oleh referral spam.  Referral spam tersebut sebenarnya tidak mengunjungi website kita, dalam hal ini disebut ghost refferal spam. Lalu apa motif referral spam tersebut ?. Tujuannya adalah menarik perhatian kita. Kita menjadi penasaran lalu mengetikkan url referral spam tersebut pada browser. Biasanya referral spam akan mengalihkan ke url lain. Berikut ini contoh referral spam yang menyerang google analytics anda, seperti yang ditunjukkan oleh Gambar.1 :


referral spam copyrightclaims.org
Gambar.1

Dari Gambar.1, perhatikan bagian mana yang anda curigai. Dalam informasi gambar.1 diatas, kita mendapatkan referral spam :

  • hosting-tracker.com
  • traffic2cash.xyz
  • website-stelaer.nufaq.com
  • claim55229247.copyrightclaims.org

Dalam tutorial edisi ini, kita akan membahas cara mengfilter referral spam claim55229247.copyrightclaims.org.  Berikut ini informasi dari referral spam tersebut :

Informasi copyrightclaims.org


  • Hostname : dktr.ru
  • Referral name : claim55229247.copyrightclaims.org
  • redirection page : http://ilovevitaly.com/. Dalam hal ini saat kita buka dktr.ru pada browser maka url tersebut didirect ke http://ilovevitaly.com. Jika kita ketikkan url : dktr.ru pada google search, maka tidak ditemukan seperti yang ditunjukkan oleh Gambar.2 :
Gambar.2


Bagaimana mengatasi referral spam tersebut ?

Tujuan kita mengfilter referral spam : copyrightclaims.org untuk membuat laporan data pada google anlytics menjadi lebih valid. Yang perlu diingat adalah, copyrightclaims.org memiliki varian dengan awala : claimsxxxxx.copyrightclaims.org. Berikut ini langkah-langkah untuk mengfilternya pada Google Analytics anda :

  • Kliklah pada bagian Admin, pilih All Filters dan Add Filters
  • Kemudian isikan pada bagian Filter Name dengan nama yang diinginkan, kemudian pilih Filter Type: Custom dan Filter Field : Campaign Source. Paada bagian Filter Pattern isikan dengan :copyrightclaims.org seperti yang ditunjukkan oleh Gambar.3 dibawah ini :
Gambar.3
Jika anda ingin memasukkan lebih dari satu referral spam, cukup tambahkan tanda " | ", pada Filter Pattern. Misalkan kita masukkan data referral spam snip.to, sehingga Filter Pattern bisa menjadi :
copyrightclaims.org | snip.to
Proses filter ini akan membutuhkan waktu kurang lebih 24 jam. Setelah itu google analytics anda tidak akan menerima trafik tersebut lagi. Namun belum semua referral spam terfilter, karena ada banyak referral spam selain : copyrightclaims.org dan snip.to. Maka sering-sering mengecek informasi pada Google Analytics anda. 


Share this:

You Might Also Like:

Disqus Comments