Pusat Ilmu Secara Detil

Tips dan Trik Facebook Secara Aman

Tips dan Trik Facebook Secara Aman

Tutorial Kali ini akan membahas tentang tips-tips Facebook secara aman dan terpecaya. Aman dan terpercaya disini maksudnya, kita hanya memanfaatkan fitur dari Facebook yang mungkin dari sebagian anda belum mengetahuinya. 

Disini kita tidak menggunakan script-script tambahan atau tool-tool tertentu yang tingkat keamanannya belumlah jelas. 


1. Chat dengan teman tertentu 

Terkadang ketika kita online, kita sedang tidak ingin chat atau hanya ingin chat dengan orang-orang tertentu. Lalu bagaimana caranya hanya sebagian teman kita yang tahu bahwa kita sedang online dan membolehkan mereka chat dengan kita ?.

Klik pada roda gigi paling bawah, kemudian pilih Pengaturan lebih lanjut untuk melakukan Pengaturan Obrolan Lebih Lanjut seperti yang ditunjukkan oleh Gambar.1 dibawah ini :
Gambar.1
Dari Gambar.1 terdapat tiga opsi, kita tinggal pilih : apakah tidak mau chat dengan beberapa teman, atau hanya chat dengan orang tertentu atau  opsi ketiga tidak mau chat dengan semua teman.


2. Share Album Foto Dengan Orang Tertentu

Jika kita berkeinginan album foto kita tidak dapat dilihat oleh semua orang, kita tinggal mengatur hanya saya (Only me) yang boleh melihat seperti ditunjukkan oleh Gambar.2 dibawah ini :
Gambar.2

Seperti yang terlihat pada Gambar.2, Hanya Saya (pemilik akun) dapat melihat album foto yang berjudul "Logo Tutorial".

Lalu bagaimana caranya jika kita ingin memberikan izin orang tertentu dapat melihat album foto kita.

Terdapat dua cara untuk share album foto kepada orang tertentu :
a.) Cara Pertama
Seperti yang terlihat pada Gambar.2, maka klik bagian "Khusus", kemudian pilih opsi "Bagikan Dengan" seperti yang ditunjukkan oleh Gambar.3 dibawah ini :
Gambar.3
a.) Cara Kedua
Klik pada Album, kemudian klik pada roda gigi seperti yang ditunjukkan oleh Gambar.4 dibawah ini :
Gambar.4
Kemudian pilih "Dapatkan Tautan" sehingga akan akan dibawa ke window Bagikan Album. Pada window Bagikan Album klik "Kirim dalam Pesan", sehingga anda akan dibawa ke window baru untuk mengatur kepada siapa saja link tersebut dikirimkan seperti yang ditunjukkan oleh Gambar.5 dibawah ini :
Gambar.5

Nantinya teman yang kita berikan izin melihat album kita akan menerima link dalam bentuk pesan. Jadi setiap akan melihat album photo kita maka harus mengklik link tersebut.


3. Mengetahui siapa yang melihat profil facebook kita tanpa aplikasi

Saat ini satu-satunya cara untuk mengetahui siapa yang melihat profile kita adalah dengan cara manual, karena aplikasi yang biasanya digunakan My top fans malah mengarahkan kita ke permainan game.

Klik Kanan pada halaman facebook, kemudian klik "View page source", sehingga kita akan berada pada window baru yang berisikan kode-kode html. 

Kemudian tekan Ctrl+F, lalu ketikkan kode InitialChatFriendsList seperti yang ditunjukkan oleh Gambar.6 dibawah ini :
Gambar.6
Seperti yang terlihat pada Gambar.6, setelah kode list terdapat banyak sekali yang melihat profile kita. Anda copy no ID tersebut sebelum tanda strip, misal saya ambil no ID yang dihighlight biru pada Gambar.6 diatas : 100008460250982. Lalu paste pada browser dengan cara berikut (Gambar.7)
Gambar.7

 4. Update status atau comment dengan text terbalik

Menyajikan kalimat terbalik ini hanya untuk lucu-lucuan aja seperti :
"˙ɐظɐ uɐnɔnן-nɔnן ʞnʇun ɐʎuɐɥ ıuı ˙ʞıןɐqɹǝʇ ɐʎuɐʇɐʞ-ɐʇɐʞ uɐbuǝp ʇɐɯıןɐʞ uɐʞɐunbbuǝɯ ɐɹɐɔ buɐʇuǝʇ sɐɥɐqɯǝɯ uɐʞɐ ɐʇıʞ ıuı ıןɐʞ ʞooqǝɔɐɟ uɐp ʞıɹʇ ןɐıɹoʇnʇ ɯɐןɐp".

Sehingga statusnya menjadi :
Gambar.7

Untuk membuat kalimat terbalik, silahkan kunjungi www.fliptext.org.


5. Mengamankan akun FB anda dari akses browser yang tidak dikenali.

Tujuannya untuk menerapkan sekuriti berlapis untuk menghindari akun anda dibajak oleh orang lain yang telah mengetahui password anda. Jadi walaupun password sudah diketahui, namun untuk bisa masuk ke akun FB tetap dibutuhkan kode tambahan agar full acess.

Seperti contoh berikut, saya login FB melalui browser ponsel yang belum pernah saya gunakan sebelumnya, walaupun saya masukkan email dan password dgn benar, maka tetap dibutuhkan kode tambahan seperti Gambar.8 berikut :
Gambar.8

Jadi untuk masuknya anda harus memasukkan kode yang dikirimkan ke no.ponsel anda. Jika kode tersebut benar, maka akan keluar tampilan seperti Gambar.9 berikut :
Gambar.9
Jika nantinya anda tidak mau ditanyakan lagi kode tambahan keamanan, pilih Simpan Browser. Artinya browser tersebut dianggap kita yang mengaksesnya dan akan kita gunakan lagi.


Untuk menerapkan teknik diatas, ikuti petunjuk berikut
Klik Pengaturan (Settings) pada pojok kiri atas, kemudian klik pada bagian Keamanan pada sebelah kiri. Langkah berikutnya pilih Persetujuan masuk ke Facebook, lalu klik pada checkbox tersebut sehingga akan muncul tampilan seperti Gambar.10 dibawah ini :
Gambar.10

Kemudian Klik Memulai, sehingga anda akan muncul informasi pengiriman kode keamanan vian ponsel (Sebelumnya anda telah memasukkan no.ponsel), lalu klik lanjutkan sehingga nantinya akan dikirimkan kode ke ponsel anda. Lalu masukkan kode tersebut seperti yang ditunjukkan oleh Gambar.11 dibawah ini :
Gambar.11

Share this:

You Might Also Like:

Disqus Comments