Pusat Ilmu Secara Detil

Tutorial PHP Mengenai Struktur Logika IF ELSE

Tutorial PHP Mengenai Struktur Logika IF ELSE


Pada tutorial pemrograman PHP sebelumnya mengenai conditional statement atau pernyataan bersyarat dengan model struktur logika IF, kita telah mempelajari mekanisme kerja serta contoh penerapannya.

Dalam tutorial lanjutan tentang conditional statement ataupun dapat dikatakan seleksi, kita akan melanjutkan materi tentang struktur logika IF-ELSE


Pendahuluan

Pernyataan bersyarat if-else merupakan suatu pernyataan bersyarat yang harus digunakan dalam situasi seperti di mana satu acara harus dilakukan. Misalnya, jika Anda melakukannya dengan baik, anda akan mendapatkan penghargaan jika tidak anda akan mendapatkan hukuman. 

Dengan demikian statement IF juga dapat ditambahkan ELSE sebagai konsekuensi alternatif jika kondisi tidak dipenuhi (FALSE). 

Syntax penulisan IF ELSE :
if (kondisi){
statement1;
}
else{
 statement2;
}

Contoh.1

Dalam contoh ini, kita akan memberikan sebuah penghargaan dengan kalimat "Selamat Anda lulus". Pemberian penghargaan tersebut diberikan dengan catatan nilai yang didapatkan harus lebih besar dari 60. Jika seandainya nilainya kurang, maka akan diberikan sebuah informasi "Maaf Ada belum lulus, nilai anda kurang ....." Dalam contoh ini diasumsikan sebuah variabel nilai telah diberi angka 80, maka struktur logika if else dalam program sebagai berikut
<?php
$nilai =80;
 if($nilai>60)
 {
  echo "Selamat Anda lulus";
 }
 else
 {
 echo "Maaf Anda belum lulus, nilai Anda kurang ",(60-$nilai);
 }
 ?>
Outputnya :
Selamat Anda lulus
Jika seandainya nilainya 50, maka akan dieksekusi statement2 dan diberikan informasi kekurangan nilainya.


Contoh.2

Dalam contoh.2 ini kita memiliki dua variabel a dan b, dimana masing-masing kedua variabel tersebut sudah memiliki nilai. Kemudian diperbandingkan yang mana lebih besar diantara kedua variabel tersebut. Berikut programnnya :
<?php
 
$a=10;
$b=15;
 
if($a<$b)
{
 echo "Nilai Terbesar adalah ". $b;
}
else
{
 echo "Nilai Terbesar adalah". $a;
}
?>
Outputnya :

Nilai Terbesar adalah 15


Tutorial Conditional Statement lainnya :

Share this:

You Might Also Like:

Disqus Comments