Pusat Ilmu Secara Detil

Tutorial OOP PHP : Pengertian Class, Object, Instansiasi, Method dan Property

Tutorial OOP PHP : Pengertian Class, Object, Instansiasi, Method dan Property

Dalam sesi tutorial pemrograman php oop kali ini, kita akan mencoba memahami pengertian class dan objek pada oop php terlebih dahulu secara jelas, kemudian dilanjutkan dengan memahami fungsi atau kegunaan class dan objek.

Istilah class dan objek seringkali terbalik atau digunakan secara bergantian.Oleh karena itu perlu diluruskan pemahaman class dan object, kemudian dilanjutkan dengan memahami definisi dari instansiasi objek, property dan method.. Memang sebagian developer yang terpenting adalah kita mampu membuat program atas suatu kasus , mampu mengimplementasikan algoritmanya, serta mengeluarkan output yang diharapkan, maka permasalahan dianggap selesai.

Apa itu Class, Objek dan Instansiasi Objek ?

Untuk dapat memahami pengertian class dan objek, perhatikan gambar.1 dibawah ini :
Gambar.1
(Photo Credit : http://jasadesainrumah.com/desain-rumah-unik)

Jika kita perhatikan Gambar.1 diatas, maka terdapat dua gambar utama : gambar rancangan rumah dan rumah sebenarnya (actual house).  

Sebuah class layaknya seperti blueprint untuk rumah, dimana kita mendefinisikan bentuk rumah di atas kertas, mendefinisikan hubungan antara bagian-bagian yang berbeda dari rumah yang direncanakan, meskipun rumah tersebut belum terbuat atau belum ada.

Sedangkan objek adalah rumah sebenarnya (actual house) yang akan dibangun sesuai dengan blueprint tadi. Data-data yang terdapat dalam objek rumah seperti: kayu, kabel, dan beton yang membentuk rumah.

Dengan demikian kita dapat menyimpulkan:
  • Class merupakan blueprint atau cetak biru untuk melahirkan object
  • Object merupakan hasil konkrit dari sebuah class.
<?php

class Rumah
{
    // Class properties and methods go here
}
 
$rmh_tipe72 = new Rumah(); // proses instansiasi object
$rmh_tipe36  = new Rumah() // proses instansiasi object
 
?>
Dari kode program diatas, $rmh_tipe72 dan $rmh_tipe36 merupakan objek dari class Rumah. Dan proses untuk mencreate object dari sebuah class disebut dengan instansiasi (instance of a class) atau dengan kata lain Instansiasi adalah pembuatan object dari sebuah class.

Apa itu property ?

Penggunaan istilah property sering digunakan dalam konsep pemrograman OOP. Pada bahasa pemrograman prosedural, kita sering menyebutnya dengan  variabel.
<?php

class Rumah
{
    var $warna;
    var $tipe;
    var $luas_tanah;   
}

?>
Istilah property ini kadang-kadang sering disebut juga dengan data member atau variabel member


Apa itu method ?

Setelah kita membuat objek, kita ingin objek tersebut dapat melakukan sesuatu. Di sinilah peranan dari method. Method dalam pemrograman berorientasi obyek adalah prosedur/fungsi  yang terkait dengan kelas. Sebuah method mendefinisikan perilaku objek yang dibuat dari kelas. 
<?php

class Rumah
{
   function membersihkan_rumah(){
   // isi methodnya
   }

   function mengecat_rumah(){
   // isi methodnya 
   } 
}

?>
Misal objek 'rumah' yang dibuat menggunakan kelas rumah. Metode yang terkait dengan kelas ini bisa terdiri dari hal-hal seperti membersihkan rumah dan mengecat rumah.


Apa fungsi atau manfaat class dan object ?

Dalam konsep pemrograman OOP, kata yang sering disebut adalah objek. Bahkan dalam kepanjangan OOP (Object Oriented Programming) ditekankan berbasis objek dan untuk melahirkan objek harus direkayasa dalam sebuah class.  

Dalam pembuatan sebuah aplikasi, tentunya program kita akan memiliki banyak line code (kode baris), bisa jadi 10 ribu baris, 100 ribu baris atau 1 juta baris bahkan lebih. Kode baris program tersebut kita pecah dalam beberapa buah file, dimana nantinya akan membentuk suatu modul-modul program. Inilah yang sering kita sebut modularity.

Konsep OOP yang menitikberatkan pada class dan object telah membawa kemudahan pada pembuatan program dalam bentuk modularity. 

Share this:

You Might Also Like:

Disqus Comments