Pusat Ilmu Secara Detil

Memahami Kegunaaan Perulangan For pada Pemrograman PHP

Memahami Kegunaaan Perulangan For pada Pemrograman PHP


Tentunya bagi para developer atau yang sedang belajar bahasa pemrograman sudah tidak asing dengan yang namanya perulangan for. Jenis perulangan ini dapat kita temukan pada semua bahasa pemrograman.

Pendahuluan

Jenis perulangan for adalah salah satu perulangan yang paling umum digunakan. Mekanisme kerja dari perulangan for akan melakukan pengecekan kondisi kebenarannya, jika hasilnya benar maka akan dieksekusi dalam wilayah yang diizinkan. Kemudian akan dilakukan perulangan dimana terjadi perubahan pada bagian change condition, apakah dilakukan secara increment maupun dicrement, seperti yang ditunjukkan oleh Gambar.1 dibawah ini :

Gambar.1


Syntax dari penulisan perulangan for:
for(initialization, condition, change_condition)
{
    Blok program untuk nilai TRUE
}
Keterangan :
  • initialization merupakan nilai awal untuk melakukan iterasi looping
  • condition merupakan suatu proses pengecekan akan kondisi sekarang bernilai Benar atau Salah. Jika kondisinya bernilai benar, maka akan masuk "Blok program untuk nilai TRUE"
  • change_condition merupakan suatu nilai yang menjadi counter perulangan. Nilai dari change_condition dapat berupa increment maupun decrement.


Contoh.1 

Contoh untuk mencetak perulangan nilai dimulai dari angka 1 sampai dengan angka 10. Ketika angka 10 dicetak, maka perulangan akan berhenti dan akan dicetak kalimat "Perulangan Selesai".
<?php
for ($i=1; $i<=10; $i++) {
  echo "angka $i<br />";
}
echo "Perulangan Selesai";
?>
Output:
angka 1
angka 2
angka 3
angka 4
angka 5
angka 6
angka 7
angka 8
angka 9
angka 10
Perulangan Selesai
Nilai awal i diset 1, kemudian akan dicek apakah i<=10, jika ya maka akan masuk ke dalam blok statement {echo "angka $i<b/r>"}. Kemudian nilai variabel i ditambah 1, karena $i++ memilki arti $i=$i+1. Proses perulangan akan berhenti ketika kondisi $i<=10 tidak bernilai benar lagi. Misal nilai i sekarang adalah 11, maka apakah $i<=10 (11 <=10) bernilai benar....jika salah maka akan berhenti perulangannya. Tentunya tidak benar nilai 11 lebih kecil sama dengan 10, sehingga proses perulangan-pun berhenti.


Contoh.2

Contoh untuk mencetak perulangan nilai dimulai dari angka 1 sampai dengan angka 10 dengan kenaikan 2, sehingga yang tercetak : 1, 3, 5, 7, 9 .  Jika kondisi sudah tidak bernilai benar, maka perulangan berhenti dan akan dicetak "Perulangan Selesai".
<?php
for ($i=1; $i<=10; $i=Si+2) {
  echo "angka $i<br />";
}
echo "Perulangan Selesai";
?>
Output:
angka 1
angka 3
angka 5
angka 7
angka 9
Perulangan Selesai
Proses pencetakan nilai dimulai dari 1, kemudian nilai variabel i ditambah dengan 2 ($i=$i+2), sehingga nilai i-nya menjadi 3, begitu seterusnya sehingga nilai i yang memenuhi syarat adalah 9. Ketika nilai i terakhir 9 ditambah dengan 2, i sudah menjadi 11. Namun nilai i=11 sudah tidak memenuhi syarat lagi (11<=10), bernilai salah.


Contoh.3

Contoh untuk mencetak perulangan nilai dimulai dari angka 10 sampai dengan angka 1 dengan decrement 1 (penurunan nilai sebanyak 1), sehingga yang tercetak : 10, 9, 8, 7, 6,5,4,3,2,1 .  Jika kondisi sudah tidak bernilai benar, maka perulangan berhenti dan akan dicetak "Perulangan Selesai".
<?php
for ($i=10; $i>=1; $i=Si--) {
  echo "angka $i<br />";
}
echo "Perulangan Selesai";
?>
Output:
angka 10
angka 9
angka 8
angka 7
angka 6
angka 5
angka 4
angka 3
angka 2
angka 1
Perulangan Selesai

Share this:

You Might Also Like:

Disqus Comments