--> Skip to main content

Pemrograman Java : Pengenalan AWT

Pemrograman Java
Java merupakan kompiler yang banyak menyediakan librari graphical user interface (GUI). GUI merupakan suatu teknik dalam mempercantik aplikasi yang sedang kita kembangkan. Diawal-awal perkembangan bahasa pemrograman, teknik pemrograman dengan menggunakan GUI belum sepenuhnya didukung. Misalnya kita ingin membuat toolbar search, button ataupun text field pada pemrograman bahasa C, tentunya kita membutuhkan librari pihak ketiga seperti Allegro. Walaupun sebenarnya terdapat librari graph.h, namun komponen yang tersedia kurang lengkap. Namun berbeda dengan java, diawal proses mulai berkembangnya pemrograman java, para developer jauh hari telah memikirkan dukungan untuk pembuatan aplikasi yang menggunakan interface GUI.

Pada mulanya untuk membuat GUI pada java digunakan package AWT, namun package dianggap kurang utilitas karena akan menjadi kacau tampilannya jika dijalankan pada platform yang berbeda. Sehingga muncullah generasi perbaikannya yang disebut dengan package SWING.

JAVA menyediakan dua graphical library:

q AWT ( Abstract Window Toolkit)
q Diperkenalkan sejak JDK 1.0
q Kebanyakan komponen AWT telah usang, digantikan dengan component Swing.
q Syntax : import  java.awt.*;
q Swing
q Perluasan dari AWT
q Diperkenalkan sebagai bagian JFC (Java Foundation Class) setelah release JDK 1.1
q Syntax : import javax.swing.*;

Awt memiliki 12 package (Swing memiliki 18 Package pada  JDK 1.7).

1.Package java.awt terdiri dari inti AWT class grafis:
§GUI Component class (seperti : Button, TextField dan Label).
§GUI Container class (seperti : Frame, Panel, Dialog dan ScrollPane).
§Layout manager (seperti : FlowLayout, BorderLayout dan GridLayout).
§Custom graphic class (seperti : Graphics, Color dan Font).
2.Package java.awt.event mendukung event handling:
§Event  class (seperti : ActionEvent, MouseEvent, KeyEvent, WindowEvent
§Event Listener Interface (seperti : ActionListener, MouseListener, Keylistener dan WindowListener).
§Event Listener Adapter class (seperti : MouseAdapter, KeyAdapter, WindowAdapter).

Ada 2 jenis elemen GUI:

1.Component : Component merupakan entitas dasar GUI (seperti : Button, dan Label ).
2.Container : Container (seperti : Frame, Panel dan Applet) digunakan untuk menangani component dalam suatu layout.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar