--> Skip to main content

Tutorial Bahasa Perancis :Les Pronoms Disjonctifs

Tutorial Bahasa Perancis
Les Pronoms Disjonctifs dalam bahasa inggris disebut juga dengan Stressed Pronouns atau disjunctive pronoun, merupakan kata ganti orang yang diikuti setelah preposisi (kata depan) seperti avec (with), pour (for), c'est (it is / this is ), que (than) dalam kalimat perbandingan (comparison).

Berikut ini tabel yang menunjukkan Les Pronoms Disjonctifs dalam bahasa perancis :
Subject
Pronoun
Stress
Pronoun
Indonesia
English
je
moi
Saya
me
tu
toi
toi
you (informal)
il
lui
Dia (laki-laki)
him
elle
elle
Dia (perempuan)
her
nous
nous
kita
us
vous
vous
Anda
you  (formal)
ils
eux
Mereka (laki-laki)
them (masculine or a mixed group)
elles
elles
Mereka (perempuan)
them (feminine)

Moi

  • Mon père et moi allons rendre visite mon grand-père à Bogor. ( Ayah dan saya akan pergi mengunjungi kakek di Bogor).
  • Elle est plus âgée que moi (Dia lebih tua dari saya).

Toi

  • Je sais que c'est toi qui viens (Saya tahu bahwa kamu yang datang).
  • Toi et lui, vous êtes très intelligent (Kamu dan dia sangat pintar).

Lui

  • Je veux jouer du tennis avec lui (Saya mau main tenis dengan dia).
  • Vas-tu aller sans lui (Apa kamu akan pergi tanpa dia).

Elle

  • J'habite près de chez elle (Saya tinggal dekat rumah dia)
  • Je fêterai la nouvelle annèe avec elle (Saya akan merayakan tahun baru dengan dia).

Nous

  • C'est nous qui partons en premier (Kamilah yang duluan pergi).
  • Ni lui ni nous ne le comprenons (Baik dia dan kami sama-sama tidak mengerti).

Vous

  • C'est vous qui décidez dans ce projet (Andalah yang harus memutuskan dalam proyek ini).
  • J'habite à Depok et Vous ? (Saya tinggal di depon kalau Anda ?).

Eux

  • Je vais célébrer l'Aïd el-Fitr avec eux (Saya akan merayakan Idul Fitri dengan mereka).
  • Je vais visiter le musée sans eux (Saya akan mengunjungi museum tanpa mereka).

Elles

  • Je suis allée avec elles (Saya pergi dengan mereka).
  • Elles ausi veulent venir (Mereka juga mau datang).




Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar