--> Skip to main content

Les maladies communes

Dalam menjalani kehidupan sehari-hari tidak selalu stamina kita berada dalam keadaan baik, hampir semua orang pasti pernah merasakan sakit.Terlebih peralihan musim yang biasa disebut pancaroba, demam adalah penyakit yang paling sering kita alami.

Pada pembelajaran bahasa perancis edisi ini, kita akan mencoba bersama-sama menyebutkan nama-nama penyakit dalam bahasa perancis. Penyebutan penyakit dalam bahasa perancis kita bagi menjadi dua :
  • Penggunaan avoir (to have)
    seperti : J'ai mal à la tête (Saya sakit kepala). Untuk konjugasi avoir, lihat materi avoir
  • Penggunaan être (to be)
    seperti : Je suis migrant (Saya mengalami migrain).

Daftar penyakit yang akan kita bahas dalam pembelajaran kali ini adalah daftar penyakit yang umum yang berhubungan dengan penggunaan avoir. Berikut ini daftar-daftar penyakit beserta contoh pemakaiannya dalam kalimat.

avoir mal aux dents (Sakit gigi)

Nama Kalimat
(Ferdi) Pourquoi vous n'êtes pas venu plus tôt ?
(Mengapa kamu tidak datang lebih awal)
(Ferri) Désolé, j'ai mal aux dents
(Maaf, saya sakit gigi).

avoir mal à l'estomac (Sakit perut)

Nama Kalimat
(Ferdi) Allon au restaurant Padang. Nous allons manger la nourriture épicée.
(Mari ke restoran Padang. Kita akan makan masakan peda)
(Ferri) Ce n'est pas possible pour moi, parce que j'ai mal à l'estomac.
(Itu mustahil bagi saya, karena saya lagi sakit perut).

avoir la grippe (Flu)

Nama Kalimat
(Ferdi) Audjourd'hui, j'ai attrapé la grippe et je suis clouée au lit.
(Hari ini, saya terserang flu dan terbaring sakit di tempat tidur).
(Ferri) As-tu déjà pris des médicaments ?
(Sudahkan kamu minum obat-obatan).

avoir de la fièvre (Demam)

Nama Kalimat
(Ferdi) Je vais aller chez le docteur,parceque j'ai de la fièvre.
(Saya mau pergi ke tempat dokter karena saya sedang deman).
(Ferri) Qu'est-ce que je peut faire pour t'aider ?
(Apa yang bisa saya lakukakn untuk membantumu ?).

avoir mal à la gorge (Sakit tenggorokan)

Nama Kalimat
(Ferdi) J'ai mal à la gorge, c'est pourquoi je suis silencieux.
(Saya lagi sakit tenggorokan, itulah kenapa saya diam).
(Ferri) C'est pas grave, mon ami ?
(Tidak apa-apa temanku).

avoir mal au ventre (Sakit perut)

Nama Kalimat
(Ferdi) Je ne peut pas manger la nourriture épicée, car j'ai mal au ventre.
(Saya tidak bisa makan masakan pedas, karena sedang sakit perut).
(Ferri) Qu'en est-il du riz frit au poulet ?. C'est pas épicée.
(Bagaimana dengan nasi goreng ayam ?. Tidak pedas koq.).
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar