--> Skip to main content

Les adjectifs démonstratifs

"Ini buku saya", "Itu buku kamu", "Buku ini bukan milik saya", "Buku itu milik kamu" merupakan contoh penggunaan kata-kata : ini, itu dalam bahasa Indonesia. Pada bahasa inggris kita mengenal this, that, these dan those.

Pada bahasa perancis kita mengenal ce, cet, cette, dan ces. Penggunaan kata tersebut dipengaruhi oleh kata benda yang diikuti, apakah kata bendanya masculin atau féminin. Berikut ini aturan penggunaanya beserta contohnya :

Ce

Ce digunakan sebelum kata benda tunggal bergender masculin.
Contoh :
  • Ce livre est le mien (Buku ini milik saya).
  • J'aime ce chapeau (Saya suka topi ini).
  • Ce tableau est très connu (Lukisan ini sangat terkenal).

Cet

Ce akan berubah menjadi Cet jika berada di depan kata benda tunggal masculin yang dimulai dengan huruf vokal dan h
Contoh :
  • Cet homme est mon ami (Pria ini adalah teman saya).
  • Cet androit est magnifique (Lokasi itu sangat indah ).
  • Comment s'appelle cet animal en anglais ? (Bagaimana menyebutkan hewan itu dalam bahasa inggris ).

Cette

Cette digunakan sebelum kata benda tunggal bergender féminin
Contoh :
  • Cette fille est folle (Gadis ini gila).
  • Cette peinture de Napoléon est très connue (Lukisan napoleon ini sangat terkenal).
  • Cette robe est trop chère. (Gaun ini sangat mahal).

Ces

Ces digunakan untuk kata benda jamak (plural) baik gender féminin maupun masculin.
Contoh :
  • Ces voitures de luxe sont les miennes (Mobil-mobil mewah ini adalah milik saya)
  • Ces femme sont belles (Wanita-wanita ini cantik )
  • Ces garçonst sont méchants (Anak laki-laki itu nakal)

Untuk mempertegas penunjukkan this (ini) atau that (itu), maka digunakan sufix (akhiran) ci untuk mewakili ini sedangkan là untuk mewakili itu.
Contoh :
  • Ces voitures-là de luxe sont les miennes (Mobil-mobil mewah itu adalah milik saya).
  • Ces voitures-ci de luxe sont les miennes (Mobil-mobil mewah ini adalah milik saya).
  • Cette robe-là est trop chère. (Gaun itu sangat mahal).
  • Cette robe-ci est trop chère. (Gaun ini sangat mahal).
  • Cet homme-ci est mon ami (Pria ini adalah teman saya).
  • Cet homme-là est mon ami (Pria itu adalah teman saya).
  • Ce livre-ci est le mien (Buku ini milik saya).
  • Ce livre-là est le mien (Buku itu milik saya).
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar